.label-size{ margin:0 2px 6px 0; padding: 3px; text-transform: uppercase; border: solid 1px #ADFF2F; border-radius: 3px; float:left; text-decoration:none; font-size:10px; color:#666; } .label-size:hover { border:1px solid #6BB5FF; text-decoration: none; -moz-transition: all 0.5s ease-out; -o-transition: all 0.5s ease-out; -webkit-transition: all 0.5s ease-out; -ms-transition: all 0.5s ease-out; transition: all 0.5s ease-out; -moz-transform: rotate(7deg); -o-transform: rotate(7deg); -webkit-transform: rotate(7deg); -ms-transform: rotate(7deg); transform: rotate(7deg); filter: progid:DXImageTransform.Microsoft.Matrix( M11=0.9961946980917455, M12=-0.08715574274765817, M21=0.08715574274765817, M22=0.9961946980917455, sizingMethod='auto expand'); zoom: 1; } .label-size a { text-transform: uppercase; float:left; text-decoration: none; } .label-size a:hover { text-decoration: none;
RSS

RANGKAIAN PEMBANGKIT PULSA

 RANGKAIAN PEMBANGKIT PULSA

 Pada materi kali ini , saya akan menjelaskan cara-cara menggambar rangkaian sederhana pembangkit pulsa mengunakan protel schematic editor. berikut langkah-langkah menggambarnya .

 dengan komponen sebagai berikut :

1. 1 IC555

2. 4 RESISTOR
3. 1 VARIABLE RESISTOR  (diprotel  post)
4. 2 KAPASITOR
5. 1 SWICHT PUSH BUTTON




 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Siapkan lembar kerja baru protel schematic caranya klik Menu file -> new  -> maka akan muncul lembar keja baru .


   
 setelah lembar kerja baru muncul, gunakan kertas ukuran  A4, Caranya klik menu options---sheet-- makan akan muncul schematic sheet, dan pada options size ganti dengan ukuran kertas A4,, Seperti gambar berikut.



lembar kerja baru dengan ukuran kertas A4 sudah siap, kita lanjutkan dengan memasukan komponen pertama yaitu 1C555, karena 1C555 terdapat di library d_linier lib, maka tambahkan library tersebut, caranya : klik menu library---add/remove---maka muncul kotak change library file list.
  



pada directories klik dua kali library, maka pada files akan muncul beberapa library, dan pilih D_LINIER.LIB dan klik OK. maka d-linier.lib akan ada pada component browser yang terdapat di sebelah kiri lembar kerja.
 selanjutnya adalah menempatkan  komponen 1C55 ke lembar kerja, caranya klik dua kali  komponen 555.


tempatkan komponen  (kira-kira) sesuai dengan gambar. dan untuk memutar tekan tombol spacebar.



ulangi untuk komponen yang lain, kebetulan seluruh komponen yang lain terdapat pada libray DEVICE.LIB. untuk memasukkan DEVICE.LIB ke library, lakukan cara yang sama pada saat memasukkan D_LINIER.LIB. maka DEVICE.LIB akan ada pada component browser yang terdapat di sebelah kiri lembar kerja.





 untuk mempermudah pekerjaan, masukan semua komponen ke dalam lembar kerja, yaitu mulai dari 4 buah resitor,  1 buah resistor variable , 2 buah kapasitor, dan 1 switch push button. klik dua kali untuk menempatkan komponen tersebut  ke lembar kerja.
tempatkan seluruh komponen (kira-kira) sesuai dengan gambar. untuk memutar tekan tombol spacebar.




setelah semua komponen selesai di masukan dan di tempatkan sesuai gambar  ke lembar kerja. langkah selanjutnya adalah menyambungkan semua komponen dengan kabel. caranya klik place--bus-- atau ikonpada wiring tools. dan sambungkan semua komponen seperti gambar berikut.


selanjutnya adalah menambahkan 2 buah power port, cara klik place--power port-- atau klik dua kali ikon      
pada wiring tools. dan tempatkan sesuai gambar.untuk memutar tekan tombol space bar.


 untuk menggantikan power port yang bagian bawah dengan power ground. caranya kik dua kali power port tersebut. dan pada style ganti dengan power ground.




maka akan berubah menjadi power ground seperti gambar berikut.
dan jangan lupa untuk memberi junction pada kabel yang berhubungan. caranya klik place - - junction -- atau   klik dua kali ikon
pada wring tools. letakkan junction pada kabel yang berhubungan seperti gambar berikut.




langkah selanjutnya adalah menambahkan port , caranya klik place--port--atau klik dua kali ikon    pada wiring tools. kemudian letakkan pada pin nomor 3.
untuk memberi nama pada port. klik dua kali port tersebut. maka akan muncul lembar port, pada name isi dengan nama PULSA dan pada aligment pilih center kemudian ok. 
maka pada port akan ada nama PULSA. seperti gamabr berikut.
  
pekerjaan kita hampir selesai, tinggal memberikan nama dan tipe pada masing-masing komponen sesuai dengan gambar. misalnya pada resitor pertama. caranya klik dua kali nama RES1. dan pada type ganti 23 K. Seperti gambar dan klik ok.
 lakukan hal yang sama terhadap komponen berikutnya. 
gambar rangkain selesai.
   setelah selesai simpan hasil kerja anda , 
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.
Postedby : Deva Dwi Ayu Ningsih

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung :)

Daftar

Deva Dwi Ayu Ningsih. Diberdayakan oleh Blogger.